Sabtu, 11 September 2010

Rima Melati Berbagi Pengalaman Soal Bahaya Kanker

Berhasil berjuang melawan kanker membuat Rima Melati ikut membantu membangun kesadaran tentang bahaya kanker. Aktris senior Indonesia ini juga ikut dalam aksi membangun kesadaran ini di peringatan hari kemerdekaan RI Ke 65 di Tugu Proklamasi Jl. Proklamasi No. 59 Jakarta, Sabtu (21/08). Mengingat pengalamannya dengan kanker, Rima memberikan dorongan pada semua pihak agar menjalani hidup lebih sehat, termasuk menjauhi rokok.
Rima sebagai bagian dari Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta ikut berpartisipasi dalam acara ini sebagai bagian dari bentuk syukur terbebas dari kanker payudara yang pernah dideritanya. Rima menyarankan pada para wanita jika menyadari ada benjolan di payudara agar segera memeriksakan diri.
Aktris senior ini juga memberikan sarannya dalam menjalani gaya hidup sehat. "Kalau kita makan itu harus sehat. Sehat begini kalau ada asap rokok atau polusi kendaraan itu hindari. Kalau kita lihat makanan yang ada santennya harus hati-hati. Atau makan yang ada lemaknya jangan," ujar istri Frans Tumbuan ini.
Rima pernah mengidap kanker payudara stadium akhir 20 tahun lalu. Dia tak menampik kalau sebelumnya seorang perokok dan kini menyadari bahaya nikotin bagi kesehatan. "Saya dulu pernah merokok, tapi saya saat itu sudah 7 bulan berhenti merokok. Tapi jangan salah biar kita sudah berhenti tapi nikotin dan tar itu masih ada. Jadi jangan lupa kalau orang yang merokoknya banyak itu nikotin dan tarnya nempel di paru-paru. Jadi jangan salah karena itu sel-sel kankernya jadi terangsang jadi jadi dia. Nah kalau diracuni dengan itu sudah jadi deh penyakit yang mematikan," kilahnya.
Kini setelah terbebas dari kanker, Rima menjadikan pengabdian dengan ikhlas dengan memberikan penerangan seputar bahaya kanker. Dia menganggap usaha memberikan penerangan penting untuk dilakukan supaya bisa mencegah kejadian yang sama yang pernah dialaminya. (kpl/ato/erl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar